Galeri

Ada Yang Mau Kredit Rumah Di Syurga..???

______________________________________________________________
Artikel :
MENCICIL RUMAH DI JANNAH
______________________________________________________________

Saudaraku, tahukah bahwa ada amalan-amalan kebaikan yang mana jika kita mengerjakannya, maka Allah akan membalasnya dengan ganjaran rumah di surga? Rumah di surga yang dibangunkan oleh Allah tentu sangatlah berbeda dengan rumah mewah yang ada di dunia.

Berikut ini adalah beberapa amalan kebaikan yang balasannya adalah rumah di surga yang saya salin dari majalah ar-risalah edisi 116:

1. Langkah kaki menuju masjid

Dari Abu Huraira ra. Rasulullah saw. bersabda,

“Barangsiapa yang pergi diwaktu pagi atau sore menuju masjid, Allah akan siapkan baginya tempat tinggal di jannah (surga), setiap kali dia pergi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Shalat Sunnah 12 Rakaat sehari

Dari Ummul Mukminin, Ummu Habibah, Ramlah binti Abu Sufyan ra. berkata, “Aku mendengarkan Rasulullah saw. bersabda, “seorang muslim yang shalat sunah setiap hari sebanyak 12 raka’at dan bukan yang wajib demi mencari ridha Allah, Allah akan membangun rumah untuknya di jannah. “ummu Habibah berkata, “Sejak itu aku selalu melaksanakan shalat sunah itu.” (HR. Muslim, Abu Daud, dan an Nasa’i)

3. Membangun Masjid

Dari Utsman bin ‘Affan ra., manakala orang-orang banyak yang memperbincangkan beliau ketika membangun masjid Rasulullah, beliau berkata, “Kalian sudah berlebihan! aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membangun masjid -bukan menagatakan, aku rasa beliau mengatakan”karena mencari ridha Allah”-, Allah akan membangun yang semisal untuknya di jannah. (HR. Bukhari dan Muslim)

4.Mengisi Kekosongan Shaf

Dari Aisyah berkata, “Rasulullah saw. bersabda, “barangsiapa yang mengisi kekosongan (shaf shlat berjamaah), Allah akan mengankat derajatnya dan membangun baginya rumah di jannah.” (HR. at Tahabrani, dishahihkan oleh Syekh al Albani dalam as Sisilah ash Shahihah).

5. Memberi makan, rajin shaum dan shalat malam

“Dari Abu Malik al-Asy’ari dari nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya di jannah ada ruangan yang isinya bisa terlihat dari luar, dan luarnya bisa terlihat dari dalam, yang Allah siapkan bagi orang yang memberi makan, rajin shaum dan shalat malam disaat orang terlelap tidur.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

6. Shalat Dhuha

Dari Abu Darda’ ra. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa shalat dhuha dua rakaat, ia akan ditulis sebagai orang yang tidak masuk golongan orang-orang lalai, yang melaksanakan empat rakaat akan ditulis sebagai golongan ahli ibadah, yang melaksanakan enam rakaat akan dicukupkan kebutuhan pada hari itu, dan yang melaksanakan delapan rakaat akan dicatat sebagai orang yang taat, dan yang melaksanakan 12 rakaat akan dibangun rumah untuknya di jannah” (HR. at Thabrani, dinilai “hasan” oleh al Albani)

7. Meninggalkan Debat Kusir

Dari Abu Umamah ra. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, “Aku menjamin sebuah rumah di teras jannah bagi yang meninggalkan debat kusir meskipun dia dalam posisi benar, juga rumah di tengah jannah bagi sesiapa yang meninggalkan kedustaan meski hanya bergurau, dan rumah di puncak bagi yang baik akhlaknya.” (HR. Abu Daud)

8. Berdoa saat masuk pasar

Dari Ubnu Umar ra. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang masuk pasar lalu mengucapkan, “laailaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa hayun la yamutu biyadihil khoiru wahua’ala kulli syaiin qadir, akan ditulis baginya beribu-ribu derajat dan dibangun untuknya rumah di jannah. (Shahihul jami’ no. 6231)

9. Silaturahim dan menengok yang sakit

“Dari Abu Hurairah ra. berkata, “Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa menengok orang sakit akan ada yang memanggil dari langit, “Engkau telah berbuat baik dan langkahmu telah benar, engkau juga berhak atas sebuah rumah di Jannah.” (HR. at Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah)

10. Berdoa ketika ditimpa musibah

“Dari Abu Musa ra. Rasulullah saw. bersabda, “Jika ada anak kecil putra seorang hamba meninggal, Allah akan berfirman kepada malaikat, “Kalian mengambil ruh putra hamba-Ku.” Mereka mengatakan, “Benar.” Allah berfirman, “Apa yang diucapkan hamba-Ku?” Malaikat mengatakan “Ia memujimu dan membaca istirja’ (inna lillah wainna ilaih raji’un).” Allah berfirman, “Bangunlah sebuah rumah untuk hamba-Ku itu di jannah dan nami rumah itu dengan Baitul Hamdi.” (HR. at Tirmidzi, dnilai “hasan” oleh Imam al Albani)

Demikian, semoga bermanfaat bagi kita semua. Yuk nyicil rumah dari sekarang…!
“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang shaleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam jannah, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal”

(QS. Al-Ankabut: 58)

____________________________________________________________________

Sumber: Majalah ar-risalah

____________________________________________________________________

NB :

Jika ada kebenarannya maka silahkan di share dan bila ada kesalahannya , kami mohon maaf dan buanglah artikel ini, jangan di anggap serta berilah kami kritikan dan saran untuk selalu memperbaiki diri.
____________________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s